Siaran Pers
Kementerian Agama RI

Hingga tanggal 2 Juli 2024 pukul 21.00 WAS. Jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 81.129 orang tergabung dalam 206 kelompok terbang.

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, selama proses pemulangan jemaah gelombang pertama ke Tanah Air, seluruh proses layanan jemaah di Makkah tetap berjalan.

“Untuk pelayanan kesehatan, hingga tanggal 2 Juli 2024 jemaah yang masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Madinah berjumlah 11 orang dan di rumah sakit Arab Saudi 22 orang,” terang Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

“Total jemaah haji sakit yang telah ditanazulkan berjumlah 6 orang,” sebut Widi, Rabu (3/7/2024).

“Petugas secara reguler melakukan visitasi kepada jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi,” sambungnya

Ia menjelaskan, untuk pelayanan konsumsi, secara reguler petugas melakukan pemantauan/pengawasan proses produksi dapur katering yang melayani konsumsi jemaah haji.

“Hal ini dilakukan semata untuk memastikan katering yang dikonsumsi terjamin kualitasnya,” katanya.

“Hingga kemarin, PPIH telah mendistribusikan 16.242.017 boks makanan kepada jemaah haji Indonesia,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, untuk layanan trasportasi bus shalawat yang mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya masih terus berlangsung.

“Namun seiring dengan berkurangnya jemaah di Makkah karena pulang ke Tanah Air dan didorong ke Madinah, maka secara bertahap jumlah bus yang melayani jemaah dilakukan penyesuaian,” ujar dia.

PPIH, tuturnya, kembali mengimbau jemaah haji Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan tubuh selama di Kota Madinah dengan makan tepat waktu, minum obat teratur sesuai anjuran dokter, menjaga hidrasi tubuh dengan minum yang cukup.

“Manfaatkan mmentum terbaik selama di Makkah dan Madinah dengan memperbanyak ibadah dengan zikir dan membaca Al-Qur’an dan amalan-amalan ibadah lainnya,” pungkasnya.

Hari ini, Rabu, 3 Juli 2024 terdapat 16 kelompok terbang, dengan jumlah jemaah haji sebanyak 6.390 orang. Mereka telah dan akan diterbangkan ke Tanah Air, dengan rincian sebagai berikut:
1) Debarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jemaah/1 kloter;
2) Debarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 jemaah/4 kloter;
3) Debarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 jemaah/1 kloter;
4) Debarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.113 jemaah/3 kloter;
5) Debarkasi Jakarta pondok gede (JKG) sebanyak 393 jemaah/1 kloter;
6) Debarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jemaah/1 kloter;
7) Debarkasi Jakarta bekasi (JKS) sebanyak 1.320 jemaah/3 kloter;
8) Debarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 jemaah/1 kloter;
9) Debarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 jemaah/1 kloter.

Humas