Kota Madiun (Humas) – Kementerian Agama RI menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan protocol kesehatan dalam penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1442 H/2021 M dan pelaksanaan qurban di masa pandemic covid-19. Diatur pula dalam SE tersebut mengenai ditiadakannya shalat Idul Adha bagi masyarakat yang berada di zona merah dan pelarangan takbir keliling.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada Selasa (29/6) di Aula Kankemenag Kota Madiun dilaksanakan Sosialisasi SE Nomor 15 Tahun 2021, yang menyatakan bahwa surat edaran ini bertujuan sebagai panduan dalam upaya pencegahan, pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 pada semua zona resiko penyebaran. Hal ini diterapkan dalam rangka untuk melindungi masyarakat.

Munir selaku Kakankemenag Kota Madiun didampingi Kasubag TU, mengajak seluruh jajaran Kasi dan Penyelenggara Zawa, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Ketua MUI, Pimpinan Ormas Islam, TNI/Polri untuk mencermati dan memahami serta melakukan pemantauan pelaksanaan Surat Edaran ini untuk disosialisasikan pada masyarakat. Baik yang berkaitan dengan protocol kesehatan saat pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha, pelaksanaan takbiran di masjid/musholla dan saat pemotongan hewan qurban. Semua ini sebagai upaya untuk mengantisipasi meningkatnya angka penularan virus covid-19 di wilayah Kota Madiun.

“Saya berharap kepada seluruh jajaran dan ASN Kemenag untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan umat, dan ini adalah salah satu ikhtiar negara dalam memberikan perlindungan serta rasa aman bagi umat dalam menjalankan ibadah” harap Munir.

Dan sebagaimana kita ketahui bahwa pelaksanaan penyembelihan qurban dilakukan pada hari tasryik, yaitu tanggal 11 hingga 13 dzulhijah, untuk itu hendaknya masyarakat menghindari kerumunan warga di lokasi saat pelaksanaan qurban. Kegiatan penyembelihan dan pendistribusian daging qurban dilakukan langsung oleh panitia langsung pada masyarakat yang berhak menerima, tentunya dengan memperhatikan protocol Kesehatan secara ketat. (da)

Leave a Comment