Kota Madiun (MAN 2) – Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) merupakan program BKKBN untuk menekan angka jumlah penduduk, dengan memberikan edukasi kepada generasi muda agar sadar akan kependudukan supaya tidak melakukan pernikahan pada masa sekolah dan lebih mengutamakan prestasi di usia sekolah.

MAN 2 Kota Madiun yang telah menerima piagam penghargaan dari BKKBN Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu madrasah penyelenggara Sekolah Siaga Kependudukan dengan kategori Paripurna, berupaya untuk mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga ke dalam beberapa mata pelajaran atau muatan local khusus kependudukan.

Selain itu, penerapan pendidikan kependudukan bisa dilaksanakan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, perpustakaan kependudukan yang sering disebut dengan Pojok Kependudukan.

Pada era ini juga perlu disiapkan generasi yang berkualitas dari aspek pendidikan dan kesehatan, yang merupakan odal utama dalam membekali generasi muda untuk siap bersaing pada era globalisasi, melalui pendidikan kependudukan dan kesehatan reproduksi.

“Melalui Sekolah Siaga Kependudukan ini, mari kita samakan langkah untuk mengintegrasikan antara pendidikan kependudukan dan keluarga berencana pada mata pelajaran di sekolah dalam upaya membentuk generasi muda yang berkualitas dan berencana” ujar Zainal Arifin selaku Kepala MAN 2 Kota Madiun.

Dengan diterimanya piagam penghargaan ini, menjadi salah satu pendorong semangat segenap dewan guru MAN 2 Kota Madiun dalam memberikan layanan edukatif kepada peserta didik dan juga menambah kepercayaan masyarakat kepada MAN 2 Kota Madiun. Yang tak kalah pentingnya adalah dengan meningkatkan literasi kependudukan kepada generasi muda agar bisa memahami dan melaksanakan fungsinya di masyarakat dengan baik. (da)

Leave a Comment