Kota Madiun (Humas) – Sebanyak 75 ASN Kemenag Kota Madiun terdiri dari jajaran Kasi, JFT dan JFU, Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh Agama serta Kepala Madrasah Negeri dan Pegawas, mengikuti Sosialisasi SE Menag No 20 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Kota Madiun Munir yang disampaikan secara daring melalui zoom meeting, Kamis (29/7).

SE tersebut mengatur tentang Penerapan Protokol Kesehatan 5M dan Pembatasan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4 Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Wilayah Jawa dan Bali serta pada Masa Perpanjangan Pemberlakuan Pembatsan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Dengan kondisi seperti saat ini, ASN Kementerian Agama harus menjadi pilar terpenting dan pendorong di masyarakat dan pengelola tempat ibadah, terutama dalam hal mensosialisasikan SE No 20 Tahun 2021.

“Sesuai anjuran Menteri Agama bahwa Kementerian Agama harus menjadi pelopor dan penggerak dalam penerapan 5M dan 1D, sebagaimana upaya lahir yang telah dilakukan pemerintah, tenaga medis dan gugus covid selama ini. Dan kita sebagai ASN dan Non ASN Kankemenag Kota Madiun, tentunya sebagai umat beragama hendaknya selalu mendukung dengan usaha batin melalui doa agar wabah pandemi ini bisa segera teratasi dengan baik” tutur Munir

Menurut Munir, pemerintah dalam hal ini masih selalu massif dalam memutus mata rantai covid-19 terutama di tempat-tempat ibadah dengan mengoptimalkan kegiatan ibadah dirumah masing-masing.

Hal ini menjadi tantangan yang luar biasa bagi Kemenag, khususnya bagi penyuluh agama sebagai garda terdepan Kemenag dalam penyampaian informasi, yang mana dibutuhkan penyampaian yang baik pada masyarakat dengan bahasa agama yang baik bahwa ibadah dirumah untuk saat ini lebih utama bagi kita untuk menjaga jiwa kita.

Sedangkan dari segi pendidikan, mengingat hingga saat ini pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, Munir menekankan kepada Kepala Madrasah untuk selalu berinovasi dan berpacu dengan cepat untuk memunculkan kreatifitas bagi anak didik agar bisa terlayani pendidikannya dengan baik.

“Sebagai ASN Kemenag Kota Madiun, mari kita bersama-sama pemerintah selalu mensosialisasikan SE No 20 Tahun 2021 secara massif, patuhi penerapan 5M plus 1D, dan selalu bekerja sesuai tusinya dan menjalin koordinasi, menjalankan tugas dengan baik walaupun dalam suasana PPKM Darurat.” Pungkas Munir. (da)

Leave a Comment